Sompil

Sompil

Belum lengkap rasanya kalau berkunjung ke Kabupaten Trenggalek tidak mencoba makanan yang satu ini, Sompil khas Trenggalek namanya. Sompil merupakan suatu makanan yang isi utamanya terdiri dari lontong dan sayur lodeh. Kalau lontong yang dipadukan dengan tahu goreng, kacang goreng, terakhir dikasih kecap terkadang juga ada kerupuknya, maka lontong ini lumrah dinamakan tahu lontong. Nah, kalau lontong ditambah sayur lodeh, maka jadilah namanya Sompil. Kuliner khas ini sudah begitu familier di tengah masyarakat, karena memang Sompil menawarkan cita rasa yang sesuai keinginan lidah dan budget yang tentunya dapat dijangkau oleh semua kalangan masyarakat.

Penjual yang menjajakan Sompil biasanya memberikan variasi pada sayur lodeh yang digunakan, tidak melulu sayur lodeh itu-itu saja yang menjadi pendamping lontong tadi, sekali waktu menggunakan sayur lodeh kacang panjang, dan pada waktu lain bisa menggunakan sayur lodeh nangka muda (tewel), sayur lodeh bambu muda (bong) atau mencampur ketiga jenis sayur lodeh ini. Dalam penyajiannya, satu porsi Sompil khas Trenggalek selain terdiri dari lontong dan sayur lodeh, penjual biasanya juga menambahkan kerupuk, peyek atau tempe keripik. Atau bisa juga pembeli menentukan lauk tambahan sesuai selera dengan lauk yang tersedia di warung.

Pembeli bisa memilih, makan di tempat atau dibungkus dan dibawa pulang. Setiap warung Sompil memiliki treatmen dan pelayanan sendiri-sendiri. Satu hal lagi yang membuat unik Sompil khas Trenggalek ini, adakalanya penjual Sompil yang masih menggunakan treatmen lama, yaitu bahan yang digunakan wadah atau bungkus Sompil bukan piring atau kertas minyak, melainkan lembaran daun pohon jati (godong jati) dan daun pisang. Hal ini dilakukan memang untuk memberikan rasa khas tersendiri pada Sompil.

Sangat mudah untuk mendapatkan kuliner yang nikmat, mengenyangkan dan murah meriah ini. Di Trenggalek banyak warung yang menjual kuliner Sompil, terutama warung-warung ada di sekitar pasar-pasar tradisional. Pada jam berapa bisa mendapatkannya, tergantung pada waktu beroperasinya pasar, apakah pagi, sore, malam atau pasar beroperasi selama 24 jam.

Tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam, harga Sompil khas Trenggalek sangat terjangkau. Untuk dapat menikmatinya, cukup dengan uang mulai Rp. 3000 Anda sudah mendapatkan satu porsi standart Sompil Trenggalek dan lauk, selebihnya Anda dapat memilih-milih sendiri lauk tambahan sesuai selera dengan harga yang ditentukan pemilik warung, seperti ayam, telur ayam, telur puyuh, dan aneka macam gorengan.

Next article Sajian Mantap Nasi Ayam Lodho Durenan Trenggalek
Previous article Nasi Tempo, Kuliner Khas Masyarakat Dongko Trenggalek