Sajian Mantap Nasi Ayam Lodho Durenan Trenggalek

Apabila Anda melintasi kawasan Trenggalek-Tulungagung, maka dipastikan Anda akan melewati sebuah Kecamatan bernama Durenan. Kalau orang yang baru mendengar nama “Durenan”, biasanya kemudian mengait-ngaitkan dengan buah durian atau dalam bahasa jawa disebutnya “Duren”. Apakah di Kecamatan Durenan terdapat banyak buah durian atau banyak penduduk yang bermata pencaharian sebagai petani durian? Kok daerahnya bernama Durenan?. Pertanyaan-pertanyaan semacam itulah yang terkadang terbesit di dalam pikiran masyarakat yang belum tahu. Padahal daerah di Trenggalek yang terkenal menghasilkan buah durian dikala musim panen adalah Kecamatan Watulimo, bukan Kecamatan Durenan. Mengenai sejarah nama Durenan kita tinggalkan sejenak, sebab sesuai dengan judul, artikel ini akan mengulas salah satu kuliner khas masyarakat Kabupaten Trenggalek yang lokasinya berada di Kecamatan Durenan, yaitu Nasi Ayam Lodho Durenan Trenggalek.

Di Kecamatan Durenan, terdapat bangunan ruko-ruko yang berada di sebelah selatan perempatan lampu merah (bangjo Durenan) timur jalan. Lokasi ruko yang dimaksud tepatnya berada tepat di sebelah utara Puskesmas Durenan. Menjelang sore hari, area ruko yang sebenarnya bekas terminal Kecamatan Durenan ini mulai dibuka oleh masing-masing pemiliknya. Ruko-ruko ini sesungguhnya merupakan warung-warung makan lesehan yang menyajikan berbagai varian kuliner Nasi Ayam Lodho yang sangat khas. Selain itu tersedia juga berbagai macam minuman panas dan dingin yang dapat Anda pilih. Nasi Ayam Lodho khas Durenan Trenggalek ini dapat Anda jadikan pilihan ketika rasa lapar muncul di malam hari karena warung-warung makan di terminal lawas ini buka sampai lepas jam 12 malam.

Tingkat kematangan ayam lodho yang sangat pas menjadi keunggulan tersendiri. Pemanggangan ayam yang dilakukan secara tradisional menggunakan kayu dan tentunya teknik pemanggangan dari si empunya warung mampu membuat ayam matang secara sempurna luar dalam tanpa berminyak. Dalam hal penyajiannya, komposisi Nasi Ayam Lodho Durenan Trenggalek terdiri dari potongan ayam panggang tadi dengan kuah kare kental nan pedas, kulupan (urap), dan untuk nasinya ada beberapa varian yang dapat Anda pilih, yaitu nasi biasa, nasi tiwul dan nasi gurih.

Tidak terlalu mahal bagi siapa saja yang mau merasakan sajian mantap Nasi Ayam Lodho Durenan Trenggalek. Dengan harga yang sangat terjangkau yaitu Rp.15.000 sampai Rp.18.000 untuk setiap porsinya Anda sudah dapat menikmati hidangan lezat ini. Bagaimana mantap Bukan?. Itulah menu kuliner Info Trenggalek hari ini. Nantikan menu-menu kuliner di Trenggalek dan sekitarnya pada kesempatan yang akan datang.

Next article Pantai Konang
Previous article Sompil