Hari Jadi Kabupaten Trenggalek

Dulur dan #sobatwisata

Prosesi Hari Jadi ke 825 Kabupaten Trenggalek Berjalan Hikmat yang Kental dengan Adat Jawa.

Setiap tanggal 31 Agutus diperingati sebagai Hari Jadi Kabupaten Trenggalek dan tahun ini Trenggaek merayakan Hari Jadi yang ke 825. Pelaksanaan prosesi Hari Jadi, juga diawali dengan mengarak Pusaka Kabupaten Trenggalek yang diarak dari Desa Kamulan yang dibawa menuju Pendhopo Manggala Praja Nugraha.
Kirab Pusaka di tahun ini juga berbeda dari tahun sebelumnya, pasalnya kereta yang dinaiki Bupati Trenggalek dan Prajurit didatangkan langsung dari Keraton Yogyakarta. Turut menghiasi kegiatan sakral ini adalah tumpeng dan air suci yang berjumlah 14 yang diambil dari beberapa sumber yang ada di Kabupaten Trenggalek.

Kali ini prosesi hari jadi sedikit berbeda dari tahun sebelumnya, bukan untuk bermaksud meninggalkan tradisi yang sudah ada, namun untuk menjalin kerjasama dengan keraton Jogja karena Trenggalek dan Yogyakarta memiliki visi yang sama, Tutur Bupati Trenggalek, Sabtu, 31/8/2019.

Suasana Hari Jadi semakin meriah tatkala Tumpeng dan air suci diperebutkan masyarakat yang hadir yang tengah menyaksikan kegiatan ini. Sebelumnya Air suci yang berjumlah 14 ini juga di doakan terlebih dahulu.

Next article Tarian Turonggo Yakso Trenggalek
Previous article Pantai Mutiara, Destinasi Wisata Indah Nan Mempesona