Kabar Wisata

PEMERINTAH KABUPATEN TRENGGALEK RESMI ME-LAUNCHING PEMBUKAAN DESTINASI WISATA ERA NORMAL BARU

Dulur dan #sobatwisata

Pemerintah Kabupaten Trenggalek Resmi Me-Launching Pembukaan Destinasi Wisata di Era Normal Baru

Pemerintah Kabupaten Trenggalek melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan secara resmi telah me-launching Pembukaan Destinasi Wisata Era Normal Baru yang diselenggarakan di destinasi wisata Putri Maron (10/7/2020).

Peresmianlaunching tersebut, yang ditandai dengan pemukulan kentongan, dipimpin langsung oleh Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin, yang didampingi oleh Forkopimda dan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan.

Acara yang dibuka dengan tari gambyong tombo kangen tersebut juga dihadiri oleh Kepala OPD terkait, Camat se Kabupaten Trenggalek, Muspika Kecamatan Bendungan, dan Pokdarwis Maron Prima. Dalam laporannya, Drs. Sunyoto, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, menyampaikan bahwa sebelum kegiatan launching tersebut, telah dilakukan berbagai tahapan persiapan penerapan normal baru di destinasi wisata, mulai dari penyusunan SOP, simulasi SOP, sosialisasi SOP, verifikasi lapangan kesiapan destinasi menerapkan normal baru, dan pembahasan hasil verifikasi yang menghasilkan rekomendasi atau kesepakatan destinasi-destinasi wisata yang diperbolehkan buka di era normal baru ini yang jumlahnya ada 14 (empat belas) destinasi wisata.

Prosesverifikasi di lapangan melibatkan Tim Gugus Tugas Penanagan Covid-19 mulai tingkat kabupaten sampai desa. Setelah dibuka dan diijinkan menerima wisatawan, destinasi wisata akan didampingi dan terus dievaluasi oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan beserta Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 untuk memastikan kepatuhan terhadap penerapan protokol kesehatan di destinasi wisata normal baru. Jika ada pelanggaran di suatu destinasi akan diberikan peringatan dan jika tetap tidak mengindahkan peringatan tersebut, maka destinasi tersebut akan ditutup kembali, tegas Drs. Sunyoto.

Bupati Trenggalek dalam sambutannya menegaskan bahwa Kabupaten Trenggalek sudah mempunyai modal besar dengan mendapatkan Juara III tingkat nasional kategori destinasi wisata dan juara I tingkat nasional kategori hotel dan restoran dalam lomba inovasi daerah “Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19 yang diselenggarakan oleh Kemendagri RI. Beliau juga menyatakan bahwa jumlah kasus Covid-19 Kabupaten Trenggalek juga berada di urutan tiga terendah Jawa Timur dan sejauh ini belum ada transmisi lokal. Oleh karena itu, destinasi wisata dibuka untuk wistawan lokal terlebih dahulu. Untuk wisatawan dari luar Trenggalek, nanti pemesanannya melalui aplikasi reservasi wisata online. Wisatawan yang datang dari luar kota diarahkan ke chek point terlebih dahulu dan jika setelah pemeriksaan dinyatakan dalam kondisi sehat boleh meneruskan perjalanan ke Destinasi Wisata, tegas Bupati Trenggalek.

Setelah launcing pembukaan destinasi wisata normal baru, Bupati Trenggalek beserta Forkopimda dengan didampingi para tamu undangan selanjutnya mengadakan peninjauan destinsi wisata Putri Maron untuk memeriksa kesiapan destinasi wisata tersebut.

Salam Pariwisata !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

Next article YUK REKREASI ASYIK DAN AMAN COVID 19
Previous article Halal Bihalal Idul Fitri 1441 H / 2020 M Bersama Bupati Trenggalek Moch. Nur Arifin

Related posts