Kabar Wisata

Lepas Tukik ke Laut, Wabup Arifin Berharap Agar Habitatnya Terus Terjaga

Created on 07 February 2018

Wilayah selatan Kabupaten Trenggalek merupakan kawasan pesisir yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Kondisi tersebut membuat Kabupaten Trenggalek tak hanya memiliki banyak potensi alam, khususnya berupa pantai yang indah.

Pantai-pantai yang ada di Kabupaten Trenggalek, tidak hanya menyuguhkan pesona keindahan yang menjadi daya tarik wisatawan, namun juga menjadi daya tarik bagi migrasi penyu. Mengingat populasi fauna eksotis yang semakin terancam kepunahan tersebut, Pantai Kili-Kili di Kecamatan Panggul menjadi salah satu taman konservasi bagi penyu. Bahkan, di tempat tersebut juga terdapat spesies penyu langka yang hampir sulit ditemukan saat ini yaitu penyu belimbing.

Pada bulan-bulan tertentu, penyu dewasa akan bermigrasi dan bertelur di Pantai Kili-Kili. Dan ketika tukik (bayi penyu) sudah saatnya kembali ke laut, menjadi daya tarik tersendiri bagi potensi wisata di kawasan Pantai Kili-Kili.

Rabu (7/2/2018), Wakil Bupati Trenggalek, H. Mochamad Nur Arifin, berkesempatan untuk ikut melepas belasan ke laut bebas. Pada kesempatan itu, Wabup Arifin menyampaikan terima kasih kepada masyarakat atas upaya untuk melestarikan populasi penyu.

“Untuk masyarakat saya terima kasih khususnya Pokmaswas dan juga Pemerintah Desa yang sudah menginisiasi adanya konservasi penyu Kili-Kili ini jadi membantu sekali agar penyu-penyu ini tidak mengalami kepunahan,” ungkapnya.

“Dan kedepan, komitmennya begitu menetas besoknya langsung dilepaskan sehingga instinct mereka, kemampuan survival mereka masih baik,” imbuh wabup.

Wabup Arifin juga mengajak kepada semua pihak untuk menjaga agar habitat tempat penyu berkembang biak agar tetap dijaga sehingga penyu-penyu akan kembali ke Pantai Kili-Kili untuk bertelur.

“Katanya kalau penyu pada saatnya pasti akan kembali, selama habitatnya dijaga,” pungkas Wabup Arifin. (Humas)

Sumber : Humas Trenggalek

 

 

 

Next article Batik Trenggalek Go Internasional
Previous article Memanfaatkan Liburan Hari Raya Idul Fitri

Related posts