Kabar Wisata

Festival Paralayang Sukses Di Gelar Di Trenggalek

Festival Paralayang Sukses Di Gelar Di Trenggalek

Festival Paralayang Trenggalek Tahun 2018 mampu menarik antusiasme masyarakat lokal maupun dari luar Provinsi untuk datang ke Kabupaten Trenggalek dan turut berpartisipasi dalam ajang tersebut. Pembukaan Festival Paralayang se-Jawa Timur Tahun 2018 dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Trenggalek, H. Mochamad Nur Arifin dan dihadiri oleh FORKOPIMDA serta MUSPIKA Kecamatan Durenan.

Euforia pelaksanaan festival ini juga dapat dirasakan oleh warga sekitar yang mampu memanfaatkan potensi wisata ini untuk mengais rezeki dari berjualan.  Fastival ini digelar selama tiga hari berturut-turut dari tanggal 29 Juni s/d 1 Juli 2018 bertempat di Bukit Tunggangan Desa Kendalrejo Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek.  Selain sebagai tempat bermain Paralayang di Bukit Tunggangan ini juga digunakan sebagai bumi perkemahan yang biasanya dilaksanakan sabtu malam.

Festival ini diikuti sebanyak 64 orang peserta yang berasal tidak hanya dari Kabupaten Trenggalek. Peserta dari luar kota pun berbondong-bondong turut serta berperan aktif mengikuti Festival ini, diantaranya  : Tulungagung, Batu, Malang, Pacitan, Bondowoso, Ngawi dan Peserta dari luar provinsi : Solo, Jawa Tengah, DKI Jakarta, Sumatra Barat, Kalimantan Timur, serta Australia. Proses penilaian dititikberatkan pada aspek “Ketepatan Mendarat” yang dinilai oleh juri tingkat Nasional dan Provinsi. Kategori pemenang diklasifikasikan kedalam tiga tingkatan yaitu : Senior, Junior, dan Siswa dengan masing-masing sebagai Juara 1, 2 dan 3.

Bukit Tunggangan memiliki ketinggian 288 Mdpl dan telah memiliki POKDARWIS dengan nama “Rejomulyo”. Festival Paralayang mampu menorehkan kesan dan pesan tersendiri bagi peserta khususnya dan masyarakat lokal pada umumnya yang bisa menyaksikan keindahan alam Kabupaten Trenggalek dari atas ketinggian. Dengan adanya destinasi baru ini diharapkan bisa menambah daya saing Kabupaten Trenggalek khususnya Wisata minat khusus dan mampu memberikan dampak yang positif bagi masyarakat setempat yang salah satunya dari segi perekonomian.

Next article Suksesnya Festival Jaranan Terbuka Trenggalek ke 23
Previous article Hari Raya Ketupat 1439 H

Related posts