Penjamasan Pusaka, Tradisi Sambut Hari Jadi Trenggalek

Penjamasan Pusaka, Tradisi Sambut Hari Jadi Trenggalek

Penjamasan Pusaka, Tradisi Sambut Hari Jadi Trenggalek.

Dalam rangka menyambut Hari Jadi ke-827 Trenggalek, seperti biasanya dilakukan penjamasan pusaka di Pendhopo Manggala Praja Nugraha Kabupaten Trenggalek pada hari Senin, 30 Agustus 2021.

Pusaka yang dijamasi diantaranya terdiri dari dua tombak koro Welang, Payung Tunggal Nogo dan Panji Kabupaten Trenggalek.

Pusaka yang telah dijamasi di Pendhopo nantinya akan dibawa ke Desa Kamulan, diinapkan di Balai Desa Kamulan Durenan dan pada tanggal 30 Agustus malam diadakan do’a bersama.

Sebagai rangkaian acara puncak hari jadi, pada tanggal 31 Agustus, pusaka tersebut akan diarak dari Desa Kamulan menuju Pendhapa Manggala Praja Nugraha dengan diiringi bergodo yang akan menyiarkan tentang protokol kesehatan. Hari jadi tahun ini diselenggarakan secara sederhana dan ada prosesi yang berbeda dari tahun lalu yakni ada tahlil, doa bersama dan melaunching beberapa program, tutur Bupati Trenggalek.

Mesikpun hari jadi tahun 2021 ini dilaksanakan secara sederhana, akan tetapi semua tata cara upacara hari jadi dilaksanakan. Hal yang berbeda lagi dalam peringatan hari jadi tahun ini adalah seluruh ASN memberikan minimal satu sedekah sembako kepada lingkungan sekitar yang membutuhkan dan saat penyerahan sembako tersebut, ASN menggunakan pakaian adat Jawa.

Next article Hari Jadi Ke 827 Trenggalek
Previous article Upacara HUT Ke 76 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia